Home » , » Motor Honda GL200 Tiger 2000

Motor Honda GL200 Tiger 2000

Motor Honda GL200 Tiger 2000...
Masyarakat lebih mengenal motor Honda Tiger ketimbang GL 200. Sejarah otomotif di Indonesia mencatat bahwa keberadaan motor tersebut tergolong panjang, pabrik motor asal negara Jepang Honda memproduksi sampai lebih dari 15 tahun lamanya. Ini sungguh prestasi yang luar biasa karena antusias pengguna motor tersebut sangat banyak. Tak heran bila sampai sekarang masih banyak orang yang mengendarai dan penjualan motor Honda Tiger 2000 cukup stabil di pasaran motor bekas.

Spesifikasi mesin yang dipakai untuk Honda GL 200 menggunakan mesin C100 bensin 4 tak, SOHC. Sistem pendinginan udara / air cooled dengan stroke 63,5 x 62,2mm. Tenaga kuat yang dihasilkan 16-17PS. teknologi 4-stroke engine yang pada waktu dulu disebut sebagai teknologi masa depan, dan memang terbukti sekarang ini umumnya motor menggunakan teknologi yang dipelopori sebelumnya oleh Honda Tiger.

Produksi pertama Honda Tiger 2000 diawali tahun 1993 dan sampai sekarang masih diproduksi sebagai motor sport jalanan paling handal dan irit bahan bakar. Untuk melihat perkembangan Honda GL200 Tiger 2000 dari generasi ke generasi mari simak uraian sejarah motor Honda TIger 2000 berikut ini :

Pada tahun 90an Honda Tiger pelopor motor dengan mesin dengan cc paling besar. Tagline yang dilabelkan untuk motor ini sebagai top of the line. Selain itu pengusung pertama desain garang yang macho membuat unggul tampilan dan desain motor gede yang umum dipakai di jalanan. Sehingga tak heran bila ada yang memberi nama lain motor Honda Tiger 2000 dengan arti aslinya yaitu sang macan.

Generasi pertama Honda Tiger tahun 1993 sampai 2002
Pemegang produksi dan penjualan Honda Tiger pertama kali oleh ATPM federal motor. Tampilan luar terlihat handle bar 2 buah kiri dan kanan berwarna hitam dan lampu depan-lampu belakang masih berkaca buram. Banyak yang beranggapan gak tahu benar ataupun tidak katanya mesin motor Honda Tiger pada generasi 1 ini lebih bagus dari generasi selanjutnya.

Generasi Kedua Honda Tiger tahun 2002 sampai 2006
Masa penggantian yang memegang Honda Tiger dari federal motor ke AHM, dilakukan inovasi GL200 Honda Tiger dengan penyegaran dengan tampilan lamu depan yang berbeda dari sebelumnya. Kemudian reflektor diamond cut, lampu belakang menggunakan 2 bolham bermika merah bening.

Generasi Ketiga Honda Tiger tahun 2006 sampai 2008 disebut sebagai tiger revo
Evolusi ketiga dari motor GL200 ini dikenal dengan Tiger Revo dengan tagline "Revolution Cruiser". Generasi ini terdapat penambahan rem cakram belakang, hal ini adalah perubahan dari generasi sebelumnya yang dapat dibilang hampir menyeluruh pada desain body, lekuk body lebih dinamis, shroud lebih besar namun proporsional, shock belakang meski masih double sudah menggunakan tabung.

Generasi Keempat Honda Tiger tahun 2009 sampai 2014 disebut Tiger Last Gen
Sempat melakukan ‘blunder’ di tahun 2008 dengan mengubah motor ini bermata picek. Namun desain yang lebih futuristik ini malah berkesan ‘kaku’. apalagi evolusi ini dilakukan saat booming the giant killer milik motor Yamaha sehingga sang macan menjadi macan ompong. hingga akhirnya tahun sekarang Honda Tiger merubah menjadi injeksi yang kembali garang dan berwibawa.

Sedangkan harga pasaran Motor Honda Tiger second yang telah diproduksi sebelumnya di bursa motor Honda bekas yang dapat menjadi patokan anda menetapkan harga jual maupun beli area Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi) dapat dilihat pada daftar harga berikut ini :
  • Harga Honda Tiger bekas th 1993 - 2000 Rp.5jt
  • Harga Honda Tiger tahun 2002 Rp 6jt
  • Harga Honda Tiger tahun 2003 Rp 6.5jt
  • Harga Honda Tiger tahun 2004 Rp 7jt
  • Harga Honda Tiger tahun 2005 Rp 8.1jt
  • Harga Honda Tiger tahun 2006 Rp 10.2jt
  • Harga Honda Tiger tahun 2007 Rp 13.8jt
  • Harga Honda Tiger tahun 2008 Rp 14.9jt
NB: Patokan standar harga sangat tergantung kondisi mesin, body, warna cat, Plat no Polisi dan faktor lainnya seperti modifikasi aksesoris motor. Untuk wilayah lain seperti Bandung, Tasikmalaya, Yogyakarta, Semarang, Medan, Surabaya, Denpasar Bali, Batam, Sumatera Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Timur, Sulawesi dan kota maupun kabupaten lainnya ada penyesuaian harga yang berbeda.