Home » » Tips Mengatasi Kendaraan Mogok Saat Hujan

Tips Mengatasi Kendaraan Mogok Saat Hujan

Tips Mengatasi Kendaraan Mogok Saat Hujan...
Saat musim penghujan tiba masalah banjir kerap menjadi hal besar yang sangat menakutkan khususnya bagi setiap orang yang berada di daerah perkotaan. Hal itu terjadi karena drainase aliran air yang ada tidak cukup untuk menampung derasnya hujan yang turun, hingga mengakibatkan luapan air menggenang sampai ke jalan raya. Tak hanya itu, masalah lain akibat hujan terus mengguyur dapat menyebabkan kendaraan mogok sehingga menjadi hambatan perjalanan seseorang.

Kendaraan bermotor baik itu mobil dan motor yang dikendarai ketika hujan yang sangat deras dapat membuat mogok, apalagi kendaraan yang kita kendarai tersebut tergolong mobil atau motor tua yang perlu sering dilakukan perawatan. Penyebab motor / mobil mogok dan tips solusi praktis mengatasi kendaraan rusak saat hujan diantaranya adalah sebagai berikut :

Busi terkena air
Semprotan air hujan saat dapat sampai ke bagian busi, sehingga mengakibatkan pembakaran bensin tidak lancar dan akhirnya mogok diperjalanan. Solusi mengatasi kendaraan mogok karena busi terkena air dengan cara membuka busi tersebut dan membersihkannya dengan kain lap dan mengerik kerak pada ujung busi dengan hamplas atau semacamnya. Selain itu, agar terhindar dari hal tersebut anda dapat menghindari jalanan yang genangan airnya cukup tinggi dan menjalankan kendaraan dengan kecepatan lambat.

Bensin pada Karburator tercampur air.
Masalah mogok karena hujan sering terjadi disebabkan karburator sebagai spareparts pemasok bahan bakar bensin bercampur dengan air. Akibatnya api dari busi tidak terbakar dan dapur pacu berhenti yang tidak dapat menghasilkan gerakan motor. Solusi mengatasi mogok akibat karburator dapat dilakukan dengan cara menutup aliran dari tank bensin ke karburator, kemudian keluarkan seluruh bensin yang ada di karbu tersebut dengan cukup membuka skrup pengurasan di bagian bawah karburator kendaraan.

Konsleting pada bagian kelistrikan
Sering terjadi mogok akibat adanya konsleting pada bagian kelistrikan kendaraan. Onderdil paling utama yang perlu dilihat untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya CDI, Kuil, Plati (khusus untuk kendaraan lama), solasi pada lilitan kabel terbuka, dan busi.

Tips yang perlu dilakukan berkendara saat hujan agar tidak mogok saat diperjalanan diantaranya :
  • Jalankan kendaraan dengan lambat
  • Cek kondisi kendaraan sesaat sebelum melakukan perjalanan
  • Lengkapi kendaraan anda sesuai dengan aksesoris bawaan pabrik, seperti dop, kiping pada motor dan lainnya.
  • Amankan bagian-bagian penting onderdil yang dapat mengakibatkan konsleting.
  • Bawalah peralatan teknis kendaraan.

Demikian hal tips cara mengatasi masalah kendaraan mogok saat hujan berlaku khususnya untuk motor Suzuki bekas maupun mobil Suzuki bekas yang mungkin anda miliki. Semoga bermanfaat.