Home » » Cara Ideal Menghidupkan dan Mematikan Mesin Kendaraan

Cara Ideal Menghidupkan dan Mematikan Mesin Kendaraan

Cara Ideal Menghidupkan dan Mematikan Mesin Kendaraan...
Motor yang anda miliki kebanggaan anda seharusnya diperlakukan selayaknya kita merawat peliharaan di rumah sendiri, sehingga motor tersebut tidak rewel ketika menemani kita selama diperjalanan. Jenis motor sport baik untuk balapan atau motor jalanan sebenarnya sama saja ketika perawatan dan perlakuan terhadap motor tersebut dilakukan sebaik-baiknya. Alhasil yang didapat motor lebih awet serta akan selalu terlihat bagus, khususnya pada mesin kendaraan yang paling vital.

Merawat motor itu terlebih dahulu harus disadari sebagai kebutuhan atau hobi, jangan dirasakan beban atau semacamnya. Perlu juga ditegaskan kembali bahwa sehebat apapun dan sebagus apapun motor sport apabila kurang dilakukan perawatan / maintenance akan fatal akibatnya. Selayaknya manusia yang hanya buatan yang tercipta pasti akan mengalami sakit bila salah satu element mengalami disfungsi akan terasa sakit, dan begitu pula kendaraan bermotor. Untuk itulah perlu kita memperhatikan bagaimana tips cara merawat motor agar lebih awet dan selalu bagus.

Fokus yang akan kita bahas pada tulisan kali ini adalah seputar perawatan motor sport yang siap dipakai balapan baik di arena road race maupun di jalan raya biasa. Berikut cara merawat motor dengan baik dan benar:
Pertama kali yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara starter atau menghidupkan mesin motor saat kondisi pagi hari setelah lama dalam kondisi dingin. Hal tersebut sangat penting sekali, karena tidak sedikit orang yang menyepelekan perkara menghidupkan kendaraan secara perlahan dan bertahap membuat motor mengalami lowered durability atau mengakibatkan penurunan daya tahan. Saat kondisi kendaraan dalam keadaan dingin, oli pada mesin masih mengendap di bawah, sehingga sangat diperlukan terlebih dahulu oli mengembang dan perlahan naik agar berfungsi dengan baik.

Tips Ideal Cara Tahapan Menghidupkan Mesin Motor Sport Paling Benar
Menghidupkan motor saat keadaan mesin dalam kondisi betul-betul dingin tidak boleh langsung dengan menekan tombol electrik starter, tetapi sebaiknya dengan pedal stater / kick starter. Selain itu juga idealnya posisi motor dalam kendaraan berdiri tegak yaitu dengan menggunakan standar tengah di tempat yang benar-benar datar.
  • Simpan kendaraan terlebih dahulu dengan standar tengah dan kondisi tegak.
  • Selah motor dengan pedal stater atau kick starter antara 5-10 kali agar oli mesin yang mengendap naik dan dapat melumasi seluruh daleman mesin dengan rata.
  • Saat mesin pertama kali hidup tidak langsung menarik gas dengan kencang, tunggu sampai beberapa waktu antara 1 - 3 menit saja, sampai pelumasan oli mesin bekerja. 
  • Tidak bagus menekan tombol starter saat mesin dalam keadaan hidup, hal itu akan berakibat mengalami kerusakan khususnya untuk sistem kelistrikan kendaraan dan ACCU motor.
Tips Ideal Cara Mematikan Mesin Motor Sport
Begitu pula cara mematikan mesin berdasarkan prosedur perlu dilakukan dengan baik, karena bila tidak hal tersebut dapat membuat onderdil atau suku cadang berhenti pada posisi yang tidak sebenarnya.
  • Tidak baik mematikan mesin motor dengan cara langsung dengan kunci kontak, namun terlebih dahulu diamkan beberapa saat supaya putaran mesin motor kembali ke keadaan normal dahulu.
  • Tidak boleh mematikan mesin motor dengan menarik gas terlebih dahulu, sebab cara tersebut dapat membuat naik temperatur mesin ketika putaran mesin motor akan berhenti.
  • Tidak boleh mematikan motor pada saat keadaan sedang berjalan.
Itulah merawat motor dengan cara melakukan hal sederhana yaitu tips menghidupkan dan mematikan mesin motor sport dengan baik dan benar agar motor lebih awet dan selalu bagus. Kiat tersebut berlaku juga untuk anda yang memiliki Honda Supra X 125 CW dan motor rumahan lainnya.
Terima kasih telah mengikuti aturan yang semestinya dan ingat, bahwa oleh kita usia kendaraan yang dimiliki tersebut akan panjang ataupun pendek.