Home » » Perlu Diperhatikan Tips Sebelum Membeli Kendaraan Bekas

Perlu Diperhatikan Tips Sebelum Membeli Kendaraan Bekas

Perlu Diperhatikan Tips Sebelum Membeli Kendaraan Bekas...
Alat transportasi berupa mobil maupun motor saat ini menjadi kebutuhan yang tidak boleh tidak harus dimiliki setiap orang untuk menemani beraktifitas; berangkat ke kantor, sekolah, pasar, dan kemanapun anda pergi. Tetapi sebelum memutuskan untuk memilih, menentukan dan membeli kendaraan roda dua maupun roda empat bekas atau second perlu sekali mengetahui tips atau cara memilih kendaraan yang tepat sebelum kita putuskan untuk membelinya.

Anda yang berminat membeli kendaraan bermotor bekas / second, baik itu mobil maupun motor roda dua sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu beberapa hal penting dalam jual beli kendaraan. Bisa saja setelah membeli kendaraan bekas tanpa hati-hati dapat merugikan pembeli dan bahkan menyengsarakan bila penggunaan mobil / motor tersebut untuk dipakai sehari-hari.

Berikut adalah cara mudah mengetahui kendaraan bekas paling tepat dengan standar harga yang berlaku di pasaran :
  • Tentukan terlebih dahulu kendaraan (motor/mobil) yang akan kita beli sesuai dengan kebutuhan. Kendaraan bekas paling tepat untuk dipakai di medan seperti apa, kota, atau jalanan terjal.
  • Setelah menentukan jenis, type, warna dan model motor lalu kita cek berapa harga pasaran yang berlaku waktu sekarang. Anda bisa cek misalnya di situs pasaran harga atau bursa iklan penjualan kendaraan di surat kabar, majalan, selebaran dan lain sebagainya.
  • Lihat fisik kendaraan bermotor walau pembelian kendaraan melalui kendaraan. Anda bisa janjian atau COD di suatu tempat yang ditentukan.
  • Pertama kali ketika melihat kendaraan motor / mobil bekas itu harus dilihat kecocokan nomor rangkan dan nomor mesin dengan surat-surat kendaraan.
  • Kelengkapan kendaraan secara fisik seperti body, tampilan, warna, cat, lampu, spion, baut, dll. dan pastikan bahwa semua spare parts pada kendaraan tersebut asli genuine parts orisinil.
  • Perhatikan kondisi dalaman mesin dari liar dengan cara mengukur oli mesin sesuai kapasitasitasnya dengan membuka tutup oli. Perlu diketahui bila penjual nakal dapat saja memasang oli yang berlebihan atau oli kental agar suara mesin terdengar halus.
  • Perhatikan hal-hal fisik yang berkaitan dengan kestabilan laju kendaraan. Motor perlu dilihat kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, chasis atau rangka tidak membengkok. Mobil caranya dengan memperhatikan rangka depan untuk memastikan tidak pernah terjadi tabrakan, dan selanjutnya sasis dan keseimbangan stir.
  • Hidupkan mesin mobil atau motor yang akan kita beli dalam keadaan langsam (stasioner), lalu yakinkan bahwa tidak terdapat kejanggalan suara mesin.
  • Jalankan kendaraan tersebut, perlu diperhatikan dengan baik mulai dari kesulitan atau tidak ketika pengoperan transmisi kendaraan, bila sedikit macet kemungkinan kampas kopling sudah mau habis. 
  • Saat dijalankan rasakan dan dengan apakah ada bunyi yang berasal dari mesin atau rangka.
  • Lihat bawah kendaraan adakah oli yang bocor yang keluar lewat sela-sela mesin. Untuk mobil bisa saja ada air keluar dari AC mobil dan itu tidak mengapa, namun apabila ada bocor dari radiaotor mobil tersebut bermasalah. 
  • Cek kelistrikan kendaraan seperti lampu-lampu, klakson, kabel dan lainnya. 
  • Anda dapat melakukan dengan melajukan kecepatan hingga kurang lebih 40km/jam kemudian tekan rem agak mendadak yakinkan motor tidak oleng untuk meyakinkan kondisi chasis dan poros stang yang sebelumnya sudah diperksa, 
  • Dengar baik-baik suara motor saat dihidupkan atau dijalankan. Bisa saja merk mesin kendaraan bermotor diganti dengan produksi lain dari China misalnya.
Demikian tips mudah memilih kendaraan bekas dan mudah-mudahan dengan membaca cara ini anda dapat mendapatkan barang bagus terbaik berkualitas cocok dengan keinginan walau itu bekas.
Anda mungkin dapat menerapkannya untuk mendapatkan mobil Chevrolet bekas murah, Honda second dan atau semacamnya. Mudah-mudahan bermanfaat.